Dalam proses seleksi melamar pekerjaan, wawancara
sering kali dianggap mudah. Namun dalam sesi wawancara beberapa orang gagal
mendapatkan pekerjaan yang didambakannya. Untuk itu sesi wawancara harus
dipersiapkan dengan sunguh-sungguh.
Berikut tips rahasia sukses wawancara saat melamar
pekerjaan :
1. Berapa gaji yang Anda minta?
Jawab: Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Lihat
mata pewawancara, sebutkan jumlah, dan berhentilah bicara. Jangan bohong
tentang gaji yang Anda terima di kantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja.
Bila Anda merasa bahwa gaji Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan
penjelasan.
2. Apa kelebihan utama Anda?
Jawab: Pilih potensi Anda yang relevan dengan bidang
pekerjaan yang Anda lamar. Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa
Anda pekerja keras. Lebih baik, berikan respons berupa, “Saya selalu diperbudak
daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum
pekerjaan di kantor beres semua.”
3. Apa kekurangan Anda yang paling jelas?
Jawab: Jangan bilang Anda seorang perfeksionis
(menunjukkan bahwa Anda sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan
yang kongkret. Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, dan karenanya
Anda mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan
kelebihan Anda.
4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Jawab: Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira
dua-tiga posisi di atas posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan
cita-cita yang tak ada hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya,
ingin jadi bintang sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak
fokus.
5. Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?
Jawab: Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif.
Kalau kenyataannya begitu, ucapkan dalam kalimat ‘positif’, misalnya bahwa Anda
tidak melihat ada ‘ruang’ di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa
Anda menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang
lebih baik.
6. Adakah contoh kegagalan Anda?
Jawab: Ungkapkan kegagalan yang pernah Anda alami,
tapi yang sudah terpenuhi solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya
usaha untuk mengatasi masalah
7. Apakah Anda punya pertanyaan?
Jawab: Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang
terfokus pada kantor baru ini. Misalnya, Anda bertanya apakah kantor ini sudah
punya website. Atau, bisa juga Anda mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu
baru saja diangkat – apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan
semacamnya. Jangan bertanya tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya, apakah
karir Anda akan berkembang di sana.
Apa yang menjadikan seseorang selalu sukses untuk
menggapai impiannya? Tampil beda dan memiliki keunggulan komperatif mungkin
salah satu yang menjadikan Anda selalu berada di dalam posisi terdepan!
Termasuk dalam meraih karier dan mengungguli orang
lain dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Ada beberapa trik atau strategi yang
perlu disiapkan agar Anda sukses dalam melewati tahapan untuk mengejar karier
yang diidam-idamkan.
Modal nekat saja, pasti tak cukup.. Di sini juga
anda bisa menemukan beberapa lowongan kerja yang mungkin tak ada salahnya jika
anda mencobanya.
Sumber : www.yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar