Wawancara kerja merupakan tahapan yang paling
penting dalam mencari pekerjaan. Satu kesalahan fatal saja bisa membuat Anda
batal mendapatkan pekerjaan impian. Ini beberapa kesalahan yang harus
dihindari.
1. Panik dan memberikan jawaban terbata-bata
Inilah alasan Anda harus melakukan persiapan yang
matang sebelum wawancara kerja. Jika perlu lakukan simulasi dengan
pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan keluar dalam wawancara, sehingga Anda
tak grogi. Satu hal lagi kiat untuk menghindari kepanikan dan jawaban
terbata-bata adalah kejujuran. Jika yang Anda ungkapkan adalah sebuah
kejujuran, pasti akan mudah mengutarakannya. Jangan sampai Anda dianggap tidak
menguasai topik karena kegugupan Anda.
2. Hindari topik sensitif
Sering kali pihak pewawancara melakukan obrolan
santai untuk membuat suasana tak terlalu kaku. Untuk hal ini, lebih baik
hindari topik-topik yang sensitif seperti politik, dan SARA. Bisa jadi pihak
yang Anda sudutkan dalam topik obrolan tersebut memiliki hubungan dekat dengan
si pewawancara — sehingga berpengaruh terhadap penilaiannya. Lebih baik pilih
topik yang ringan juga netral.
3. Hindari bergosip
Hobi bergosip bisa menjadi alasan Anda ditolak dari
pekerjaan impian. Jadi jangan pernah mengajak orang yang mewawancara Anda untuk
bergosip.
4. Sok tahu
Jika di saat wawancara saja Anda sudah dinilai sok
tahu dan tidak mau mendengarkan orang lain, jangan berharap Anda bisa diterima
kerja. Perusahaan umumnya menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam
sebuah tim. Bukan orang sok pintar yang individualis. Jadi jangan pernah
bersikap sok tahu.
Sumber : www.yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar