FlashVortex

Selasa, 05 Juli 2011

Tips Mencari Lowongan Kerja PNS


Seperti judulnya, ini adalah posting paling bermutu yang pernah gw tulis. Sumpah dah... gw bakalan nulis tips jitu binti mantap buat teman teman semua, baik yang dirumah, di studio, yang lagi di perjalanan, yang lagi kerja, yang lagi sekolah, maupun yang lagi menjalani terapi ngupil massal... (lagi lagi upil)

Berikut adalah beberapa tips dari gw yang bisa gw share buat temen-temen semua. Mengingat ini udah bulan Juni, dan sebentar lagi pasti bakalan rame pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, maka tips kali adalah tips bagaimana mempersiapkan, dan menghadapi pengadaan CPNS.

Dalam mendaftar CPNS ada tiga hal yang penting, yaitu, pencarian lowongan, pendaftaran, dan tes alias ujian.

Yang pertama Pencarian lowongan dimana kita mau mengajukan diri kita untuk dapat mengikuti tes CPNS di instansi pemerintahan.

1. rajin-rajinlah browsing di internet, soalnya sekarang ini kebanyakan, bahkan hampir semua instansi menggunakan internet sebagai media publikasi lowongan dan pendaftaran PNS. Mereka perlahan meninggalkan metode kuno jaman nenek moyang kita dimana kita harus datang ke kantor hanya buat baca lowongan atau menghantarkan surat lowongan. Jika perlu, di bookmarks situs-situs yang menampilkan info lowongan CPNS terkini. Online lah tiap hari, jangan cuman FB an melulu.

2. Carilah lowongan seuai bidang kita. Disini tentu saja sesuai dengan Jurusan atau pendidikan yang anda tempuh. Jika anda S1, gunakanlah ijazah S1 anda, walopun ada lowongan untuk ijazah SMA, jangan pake ijazah SMA. Alasannya cuman satu “eman-eman” ijazahae S1, hehehehe. Jika anda lulusan sarjana hukum ya carilah lowongan yang ada lowongan untuk sarjana hukum. Cukup simple bukan??

3. Berbagilah informasi lowongan kepada teman sesama pemburu lowongan PNS. Ini sangat penting buat kita untuk saling mengingatkan dan memberi informasi. Jika ada info baru, bagi-bagilah ke teman yang lain. Bersainglah secara sehat dengan sesama teman. Dengan kata lain, kalo punya informasi, jangan rakus.

4.Bermainlah dengan strategi pemilihan formasi. Pilihlah lowongan yang kira-kira jarang peminatnya. Perlu diingat, semakin jarang peminat, semakin besar peluang kita, semakin banyak formasi, semnakin besar pula kesempatan kita. Disini ilmu mengira-ira sangatlah penting. Maka kalo ada kursus untuk bisa mengira-ira alias memprediksi, boleh dicoba. Tapi yang gw tau kebanyakan yang buka konsultasi prediksi tu dukun semua deh.. oiya, lowongan untuk penempatan luar jawa itu pasti jarang peminatnya. Jadi boleh dicoba juga itu..

Yang kedua adalah pendaftaran. Disini yang paling penting adalah persyaratan yang harus agan siapkan dalam mendaftar CPNS. Tak jarang orang gagal mengikuti ujian CPNS gara-gara persyaratannya kurang. Atau karena telat mengirim berkas. Ini adalah bagian dari tes administrasi.

1. siapkan ijazzah yang udah di legalisasi sebanyak-banyaknya, untuk jaga-jaga. Tak jarang lowongan CPNS dibuka dalam waktu yang mepet, dan hampir bersamaan. Jangan habiskan waktu anda hanya untuk legalisir ijazah yang harus nunggu satu hari.

2. jangan lupa persiapkan pula foto 4 x 6 dan 3 x 4 sebanyak mungkin baik warna backdround merah atau biru, maupun foto item putih, soalnya berdasarkan pengalaman, tiap kementerian berbeda syarat fotonya. Itu juga buat jaga-jaga. Terus, jangan berpose yang aneh-aneh di poto anda. Jangan sampe panitia penerimaan pingsan gara-gara liat foto anda dengan gaya rambut 4L4y, kamera di taruh diatas, bibir mencu-mencu, dan sedikit berkedip.. fotolah dengan gaya formal, kaya foto di ijazah lah

3. jangan gaptek, nah ini yang penting.. sekarang ini hapir semua menggunakan system online, jadi anda harus benar-benar melek teknologi. Biasanya setelah mendaftar online, anda disuruh mencetak bukti pendaftaran online, dan mengirimkan via pos beserta kelengkapan persyaratan lainnya. Simpan semua soft file yang penting di flashdisk anda, atau kalo gak punya fleshdisk ya pake disket (masih jaman gak ya??). kalo gak ada lagi yaudah nitip sama operator warnet nya aja. Bilang aja tu file penting, sepenting file file bokep yang ada di warnet-warnet,, jangan dihapus. nanti pelanggan kecewa, hahaha

4. berikut beberapa berkas yang penting dan biasanya diminta di dalam persyaratan pendaftaran: fotokopi Ijazah dan transkirp nilai, fotokopi KTP, fotokopi kartu pencari kerja, fotokopi ketereangan sehat, fotokopi surat akreditasi kampus, surat lamaran, CV, surat pernyataan (bersedia ditempatkan dimana saja, tidak akan mengundurkan diri setelah diterima, dan tidak terikat sebagai PNS atau pegawai BUMN sebelumnya), sertifikat TOEFL, dan tentu saja bukti pendaftaran Online. Oiya, jangan lupa siapin materai buat ditempal di surat parnyataan dan surat lamaran.

Yang ketiga tentu saja tes atau ujian itu sendiri.

Semua orang tau kalo persiapan mau ujian ya belajar. Disini ane gak tau apa dan bagaimana triknya dalam belajar ataupun mengerjakan ujian. Yang ane tau cuman ya dikerjakan aja tu soal-soal. Penting dalam belajar adalah gak usah ngoyo, dan anda tahu tipe tipe soal yang biasanya digunakan di ujian CPNS. Beli buku latihan soal lebih baik, tapi ya buku yang bermutu. Jangan beli yang fotokopian yang biasanya dijual di pinggir jalan itu. Soalnya menurut pengalaman, tu soal banyak yang ngawur.

Kalo pas mau ujian CPNS Kementerian Hukum dan HAM, ya anda harus belajar tentang hukum, dan perundang-undangan, kalo mau ujian di Kementerian Perhubungan, ya anda harus belajar apapunn tentang perhubungan dan undang-undangnya, jika mau ujian Kementerian Luar Negeri, harus belajar, dan baca-baca isu-isu internasional. Oiya, di Kementerian Luar Negeri itu soalnya ada essay juga.

Nah, pas ujian, usahakan nyantai, jangan grogi. Kerjakan semua dengan hati hati dan tenang. Satu lagi yang sangat penting dan krusial, yaitu berdoa dan minta petunjuk kepada Allah supaya dimudahkan dalam segala hal.

Nah segitu aja, mudha-mudahan semua deiberi kelancaran. Amin #pose alim dengan peci dan baju koko serta sarung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar